Awal mula infotainment / gosip tentang artis

27 11 2008

tabloid monitorDi masyarakat rupanya seperti sudah sangat familiar untuk mendengarkan atau mengikuti berita tentang artis. Hal ini dikarenakan sifat masyarakat kita yang selalu merasa penasaran ingin mengetahui mengikuti kabar terakhir dari kehidupan yang dijalani oleh idolanya. Bagi orang yang kurang mengidolakan artis mungkin akan sangat jarang dan bahkan tidak menyukai berita-berita seperti itu untuk dikonsumsi.

Di Indonesia pada jaman dulu, pastinya belum ada pemberitaan tentang artis seperti sekarang ini. Hampir semua televisi kecuali metro TV menayangkan tayangan infotainment yang isinya berita tentang gosip artis. Begitu juga dengan media cetak yang juga muncul begitu banyaknya disusul lagi dengan adanya media nternet. Lengkap sudah semua media diisi oleh pemberitaan tentang artis.

Beberapa artis memanfaatkan pemberitaan sebagai media untuk mencari popularitasnya, sehingga artis sangat senang ketika dia di ekspose oleh media. Akan tetapi media terkadang juga dijadikan sebagai kambing hitam dengan mencari kejelekan artis untuk mendapatkan berita. Artis yang kurang populer akan merasa tidak mampu menembus pasar selebriti tanah air. Yang jelas dua komponen yaitu artis dan media memang memiliki ketergantungan satu sama lain. Artis yang tidak pernah tayang / muncul juga akan berpengaruh dengan penghasilanya, kecuali si artis memiliki bisnis sendiri.

Nah, yang menjadi bahasan kali ini adalah sejak kapan masyarakat kita mulai mengkonsumsi pemberitaan mengenai artis ?

Dahulu televisi belum ada yang memberitakan tentang artis namun dimedia cetak ada yang memulai pemberitaan tentang artis. Namun isi berita masih hanya menampilkan berita-berita bukan yang masih mengandung gosip. Media cetak itu telah dibredel dan dipimpin oleh Arswendo Atmowiloto, tabloid tersebut bernama “Monitor” yang kemudian menjadi tabloid “Bintang“.

Setelah itu mulailah kejar-kejaran untuk mencari informasi mengenai artis hingga yang masih berbau gosip saja sudah disodorkan ke konsumen, karena ingin menunjukkan upayanya mencari berita yang tercepat antara benar dan tidaknya urusan belakang soal pembuktiannya.

Ada yang lebih tahu lagi mengenai awal mula gosip artis mencuat di media ?

Iklan

Aksi

Information

One response

6 12 2008
amirmubarak

oooooooh, gitu, thx for your info.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: