Video klip Dewa 19 tidak melecehkan bendera Indonesia

2 12 2008

Ahmad Dhani Video klip Dewa 19 yang berjudul “Perempuan Paling di Negeriku Indonesia” yang saat ini sedang menemui masalah dengan Roy Suryo dengan tuduhan penghinaan terhadap bendera Merah Putih. Arnel Effendi yang selaku Managing Director EMI yang menjadi label produksi karya Dewa 19 menyampaikan bahwa pihak Ahmad Dhani tidak melecehkan bendera Indonesia.

Pihak Ahmad Dhani mengatakan itu karena yang digunakan bukanlah bendera Indonesia akan tetapi yang digunakan itu hanyalah sebuah backdrop.Dalam video klip itu backdrop, bukan bendera. Lebar bendera 2/3 dari panjang. jadi secara fisikal ada aturannya. Itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah No. 40 tahun 1958,” ujar Arnel di jalan Pinang Mas III, Jakarta Selatan(1/12/2008).

Dewa 19 langsung menarik video klip yang dituding telah melecehkan bendera Indonesia bukan karena takut akan tindakan yang dilakukan Roy Suryo, namun menurut Arnel itu merupakan murni demi menunjukkan itikad baik Dewa 19 mengenai laporan tersebut.

Pembuatan video klip itu sebenarnya juga melibatkan stasiun televisi namun pihaknya tidak ingin melibatkan pihak yang telah membantu dalam pembuatan video klip tersebut.

Dalam video klip ini tidak kita sendiri. Tapi ada stasiun TV juga. Saya tidak mau memberatkan pihak yang terkait. Juga untuk nunjukkin kita ada itikad baik,” ujar Arnel lagi.

Maksud dari pembuatan video klip tersebut mungkin memang benar seperti yang diutarakan oleh Arnel. Karena judul lagunya Dewa 19 yang didalamnya ada “negeriku Indonesia” yaitu dari judulnya yang “Perempuan paling cantik di Negeriku Indonesia” maka pembuatan video klipnya harus membawa simbol yang mencerminkan Indonesia.

Siapa perempuan paling cantik di Indonesia itu? ya Ibu Pertiwi. Itu adalah ekspresi Dhani menunjukkan kecintaan dan patriotismenya,” pungkas Arnel

Coba sekarang kita mencoba menjadi tim kreatif pembuatan video klip tersebut dengan clue seperti diatas.
Misalkan berikut ini yang muncul dalam pikiran kita untuk digunakan menghiasi video klip,

Simbol negara (garuda Pancasila), warna merah putih, atau padi dan kapas

Selain daripada 3 itu ada lagi yang mewakili kata Indonesia ?

Kalau tidak ada, coba kita jelaskan satu per satu. Jika Dewa 19 mengambil Garuda Pancasila hal itu akan lebih sangat mengkhawatirkan karena secara terang-terangan membawa simbol negara untuk menghiasi video klipnya Dewa 19. sedangkan jika bendera Merah Putih hal itu juga mewakili simbol negara akhirnya Dewa 19 mengambil warnanya saja agar tidak terkesan bahwa itu sebuah bendera disamarkan dengan menghiasi logonya Dewa 19.
Seperti sebuah gambar yang menampilkan wilayah NKRI namun warna backgroundnya Merah Putih. Hal itu hanya mewakili warna dari bendera dan bukan sebuah bendera yang merupakan simbol negara Indonesia, itu namanya backdrop kala. Kalau memilih padi kapas kayaknya kurang pas, kalau untuk logo pertanian pastinya pas banget.

Iklan

Aksi

Information

3 responses

6 12 2008
amirmubarak

btw, klo diberi embel2 warna biru jadi mirip bendera negara ISRAEL, kan dhani punya “darah” dari kakek buyutnya.

7 12 2008
nanonano

gw punya “CD” warna merah putih, termasuk pelecehan gak? kalau termasuk gw mesti cepat2 singkirkan kalau gak mau berurusan dgn sang PAKAR TELEMATI ini

29 05 2011
CRISTIAN HASAN

SIA MUN REK DI ANGGAP URANG INDONESIAKENEH BURU SIA MENTA MAAF KA SAKABEH JELEMA INDONESIA………………………
MUNHENTEU URUSANNA JEUNG AINK…………………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: