Ketakutan pada terbentuknya sebuah opini publik

12 12 2008

Opini publik sangat ditakuti oleh mereka yang berkecimpung tentang hal-hal yang ingin memperkuat alibi-alibinya untuk sebuah pembelaan yang telah dituduhkan ataupun memperkuat tuduhan kepada lawan-lawanya untuk diperdebatkan dalam persidangan. Apalagi jika perdebatan hukum itu berkaitan dengan hidup dan mati atau mengenai nasib seseorang.

Ketika orang tersebut sudah mencoba menggali dan mengumpulkan semua bukti-bukti yang ada untuk memperkuat posisinya sebagai korban dan mengantisipasi hal-hal yang sekiranya bisa ditembus oleh lawan, maka cara apapun akan ditempuhnya. Cara-cara yang paling ampuh adalah dengan cara memberikan shock therapy kepada mereka yang masih awam mengenai hukum, sehingga bibit-bibit yang nantinya menjadi duri dalam perjalanan sebuah proses hukum bisa dihilangkan.

Jika sebuah pernyataan atau opini itu dikeluarkan ke publik akan membuat format perlawanan yang sebelumnya sudah terbentuk nantinya akan dirubah lagi. Sehingga nantinya akan menyusun strategi-strategi baru lagi untuk mengantisipasi duri yang telah muncul itu.

Opini publik yang sudah terbentuk, apalagi opini tersebut mengarah kepada suatu kebenaran dikhawatirkan akan menambah kesulitan dalam melakukan perlawanan balik karena opini tersebut bisa memunculkan strategi baru bagi musuh-musuhnya.

Jadi salahkah apabila publik itu membicarakan suatu masalah seseorang yang sebenarnya hanya ingin sharing sekaligus mungkin sebagai salah satu cara menuju pendewasaan diri dalam menyikapi suatu masalah yang muncul ?

Mungkin publik juga tidak terlalu mempermasalahkan jika opini publik itu dipakai atau dilirik oleh mereka-mereka yang terlibat permasalahan itu.

Heran aja gitu …karena kita ini manusia yang sulit sekali untuk saling cuek atau masa bodoh dengan hal-hal yang terjadi disekitar kita.

Apa gunanya kita hidup bertetangga, berkelompok, berbangsa dan bernegara kalau tidak saling peduli dengan hal-hal disekitar kita dan walaupun tidak ikut bertindak paling tidak ikut urun rembug/diskusi untuk menuangkan hasil pikiran, uneg-uneg yang masih dalam batas-batas kewajaran.

Peace!!! I love U Full…

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: