Bisnis karaoke Inul dituntut lagi

3 02 2009

Bisnis karaoke Inul Daratista memang tak henti-hentinya mendapatkan serangan berupa tuntutan hukum dari pihak pemilik hak cipta lagu yang meminta ganti rugi milyaran rupiah. Inul memang sering karirnya mendapatkan serangan ketika masih bergoyang diatas panggung, akan tetapi setelah mencoba untuk beralih profesi, kejaran untuk menjatuhkan karirnya masih terus mengikutinya.

Setelah PT. SWAMI yang dipimpin Deddy Dores membatalkan tuntutan kepada Inul, kini YKCA-KGNS yang menuntut hak cipta kepada Inul.

Gugatannya akan kita daftarkan pekan ini, karena Inul telah melakukan pelanggaran hak cipta 171 lagu almarhum Nahum Situmorang, yang kini hak ciptanya dipegang Yayasan Karya Cipta Abadi Komponis Guru Nahum Situmorang (YKCA-KGNS),” kata sekjen YKCA-KGNS, Leonardus Pasaribu

Inul dituntut membayar ganti rugi sebesar Rp. 513 Milyar, nilai tersebut diperoleh dari 171 lagu x 5 tahun x 600 ruangan. Dari nilai nominal yang sekian milyar itu, masih dikatakan jumlah minimalnya.

Yang kita minta itu adalah jumlah minimal. Jika kita minta maksimal, nggak bakal kebayar dia karena jumlahnya sangat besar karena denda satu lagu saja bisa Rp 5 miliar,” katanya.

Kalau dicermati secara seksama yang dimulai dari rutinitas kegiatan di Inul Vizta pastinya ada sedikit yang akan meringankan tuntutan yang ditujukan kepada Inul Vizta itu.

Ini masih dugaan saja.

Inul paling parah, salahnya karena telah menyimpan 171 lagu karangan Nahum Situmorang kedalam media simpan mesin karaoke.

Yang akan memperingan adalah Inul tidak melakukan pembajakan karena lagu tersebut sudah termasuk dalam satu paket dalam mesin. Masih mungkin ini.

Selain itu, 171 lagu tersebut kemungkinan tidak laku/tidak dipilih oleh konsumen karaoke. Inul jadul begitu mestinya sangat sedikit sekali orang memilih lagu-lagunya Nahum Situmorang.

Jadi, perkaliannya bukan 5 tahun penuh akan tetapi berapa kali lagu tersebut diputar/dipilih oleh konsumen karaoke.

Hal itu sama, seperti film yang ditayangkan di televisi. Pembayarannya adalah berapa kali film tersebut ditayangkan.

MENCARI DUIT (BESAR) SEKARANG INI SULIT, PENGADILAN TEMPAT IDEAL MENCARI DUIT (BESAR).

Pemasukan nominal kecil….  udah gak sabar nunggunya, udah gak jamannya lagi.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: