Malaysia rame bahas tuduhan penculikan Manohara

22 04 2009

Beberapa blog dan media di negara Malaysia itu mulai rame membahas untuk menanggapi kasus Manohara Odelia Pinot yang mencuat pertama kali di Indonesia. Ternyata di negara tersebut masih belum memiliki kebebasan pers seperti yang sudah kita miliki di negeri tercinta ini yaitu Indonesia.

Di Malaysia masih belum berani memberitakan sesuatu yang miring tentang berita seputar istana Kerajaan karena memang tidak diperbolehkan oleh mereka yang sedang berkuasa. Kasihan banget pers di Malaysia tidak bisa memberitakan semua apa yang dilihat dan apa yang didengarkan oleh publik.

Malaysiakini.com sudah mulai memberitakan Tengku Temenggong Muhammad Fakhry, putra raja Kelantan, Malaysia.

Kemudian ada sebuah blog di blogspot yang pemiliknya bernama MOHD SOBERI SHAFII, JP. mulai membuat perlawanan dari pemberitaan yang sudah beredar di Indonesia dengan memunculkan  foto-foto mesra antara Manohara dengan suaminya. Foto itu memang benar terjadi seperti itu kondisinya atau sebagai sebuah sandiwara untuk menutupi kekerasan yang dilakukan pangeran TT (Tengku Temenggong) ini. Blog tersebut mengatakan berita bohong tentang penculikan yang dilakukan oleh pangeran TT “Berita BOHONG. Kerabat Kelantan dera isteri“.

Blog lainnya yaitu http://www.toughlane.blogspot.com/ yang menampilkan banyak foto mesra diantara keduanya tapi blog tanpa identitas tersebut, baru saja dibuat pada bulan ini yang mungkin untuk mencounter pemberitaan negative di Indonesia.

Kalo memang bukan sebuah penculikan, kenapa setelah umrah ibundanya tidak boleh menemui anaknya ? saat setelah umrah pindah ke pesawat pribadinya kemudian ibundanya tak boleh menemui manohara pada saat itu kemudian secara diplomatis juga tidak diperbolehkan untuk ditemui. Tujuannya apa ibu kandungnya sendiri tidak boleh bertemu dengan anaknya ?  Malay gitu loh

Kemungkinan lainnya bisa saja bisa terjadi maka dari itu harus ada pembuktian lainnya misalkan dari mulutnya Manohara sendiri yang harus berbicara jujur tentang kenyataan sebenarnya seperti apa ?

Kalau melihat dunia pers di Malaysia sepertinya kurang bisa dipercaya karena penguasa memiliki kekuatan untuk memanipulasi pemberitaan di Malaysia. Hal itu seperti dunia pers dijaman kekuasaannya presiden Soeharto yang tidak bisa leluasa memberitakan semua kenyataan.

POOR MALAYSIAN PERS WITHOUT FREEDOM TO TELLING THE TRUTH (like a dog with a rope)

Kerabat kerajaan Kelantan tidak ingin pers memberitakan kenegatifan perilaku mereka, jadi pers Indonesia saja yang akan memenuhi berita seputar mereka di internet tanpa batas. Unlimited news.

Iklan

Aksi

Information

19 responses

23 04 2009
boncel

MALASsia gitu loh, siapa sih maling yang mau teriak dirinya maling. Dari jaman dahulu tuh, di negara sono kalo ada org2 Indonesia (terutama TKI) yg dizholimi habis2an sampe mati, gila, sakit, dilecehkan, diperkosa atau apapun itu mana ada sih koran/Tv disana yg mau membahas/menyiarkan berita itu terang2an dan terbuka? Mereka seolah2 tutp mata dan telinga dan mana perduli ama soal begituan unless jika ada suatua berita yg habis2an di blow up di indonesia, beru dech mereka kebakaran jenggot. Sudah gitu warga negaranya yg jelas2 terbukti melakukan kezholiman itu dihukum ringaaan banget.
MALASSIA KOK DIPERCAYA!!

23 04 2009
Artistainer

Bagaimana kalo kita mengajak blogger Malaysia yang berdedikasi tinggi pada moral untuk diajak menulis tentang berita sebenarnya di negaranya sendiri. Karena pers mereka tidak memiliki kebebasan pers seperti di Indonesia ini.

Jadi kita rangkul para blogger disana yang bermoral untuk menulis kejadian-kejadian disana apa adanya tak lebih dan tak kurang. Karena kerajaan di Malaysia memang sudah busuk dan tak bisa dipercaya (diktator). Bagaimana ?

1 05 2009
cantika_indo

mana mau pers Malaysia tuuu….
walaupun kampungan orang2 sana kan kompak juga kyk kita…..
hehheee

1 05 2009
cantika_indo

gw kagak percaya tu dengan tetangga kita yang satu itu….
dasar…. pemerintah kita juga… yang tegas donk…
pulau2 kita kan banyak tu.. ntar di curi ma malaysia gimana…. dia kan pencuri…
budaya2 kita hati2 ntar di akui sebagai budaya dia….
trus satu lagi……. ntar semua hasil dari penemuan orang iIndonesia cepat2 di patenkan oleh malaysia… dia kan gak punya malu.

23 04 2009
betty

Pangeran banci.!! Beraninya sm cewek. Pangeran guoblok..!! Tampangnya jg kalau diamat2in keliatan kok aneh. Freak..!! Malingsia sudah saatnya ganti negaranya jangan model kerajaan lg. Supaya raja2nya gk semau2nya aja nyiksa org. Perasaan klu di barat keluarga kerajaannya beradab bgt. Kok di malingsia pangerannya ngalah2in binatang yah..? Munafique..!! Gaya sok agamis.. Busuk loe..! Kelainan jiwa..!!

artistainer : kalo anda sebut pangeran banci emang benar, karena si pangeran tidak berani bicara sendiri tapi melakukan cara lain yaitu sahabatnya memasang foto manohara di blog dengan pasang pose baik-baik saja dan membuat wartawan malay berbicara ke media Indonesia mengenai kondisi manohara. Kerajaan Inggris emang lebih cerdas cara bermainnya daripada kerajaan Malaysia yang masih primitive banget cara bermainnya.
Sebenarnya Malaysia takut dengan Indonesia, karena ketakutan makanya militer non-organicnya diperkuat

24 04 2009
LintangAja

Mala(-ing)sia emang dr dlu jd BAD neighbour Indonesia, bangsa mrk -specially BIROKRATnya: yak pemerintah, yak police nya- emang suka sewena2 ma bangsa kita. tp barangX Qt jg Oon Sih, gak bisa bela diri sendiri. pemerintahan Qt lemah bgt. Bargaining position kt jeblok. kt ga ada perlawanan bwt membela sodara2 qt yg dianiaya sm mrk. pembelaan+pendampingan TKI/TKW ZERO! bahkan sodara intelektual Qt (mhsw/ pelajar) di Malay dikasih sebutan ‘INDON’ yg artinya negatif bgtZz. Dah gt mrk suka diperas n dipersulit ma Police preman Malay si ‘RELA’ itu. Fiuhh, naas bgt ya, herannya ko kt trima aj gtu!! malahan org malay yg ada dinegara Qt malah dipuja n dielu2kan. klo ak sih SORRY aJ yaw!! WE ARE EQUAL gtu loh! jd ogah bgt klo hrs ky pemerintah qt yg suka bgt menjilat n bermanis2 ma penghianat solidaritas ASIA itu.

Artistainer : mereka juga udah kirim teroris ke kita lho (azhari dan nurdin m. top)

24 04 2009
LintangLagi

Oya, Btw apa ne yg bisa kt lakuin bwt bantu bangsa kt biar Ga ditindas lagi, lagi, N LAGI ma Malay or else. Dah gerah ne!! coz klo nunggu Government kt, bakalan SEABAD LG kalee. . Nasionalis, Patriotis, Bloggis COME ON STAND UP!

Artistainer : terutama Kalimantan yang menjadi sasaran Malaysia yang harus kita jaga seperti perkebunan, minyak, tambang, perbatasan dan nasionalis rakyat agar tetap setia dengan Indonesia. kalo Malaysia tetap bandel, perang saja (cyber war aja untuk kita-kita dan kalo perlu perang fisik aja bersama TNI+POLRI tercinta kita

1 05 2009
cantika_indo

ini dia… kita khan rame tu….. kalah dia……ehehehehheheheh

27 04 2009
indo_galz

malay..malay….we hate u so much!!!go to hell you all!!!kata islam..islam apa tuh,lebih kuat islam di indonesia,melayu sana pada bejat2,makanya cewek2 indo pada lebih suka pacaran ama cina dr pd melayu,menyampah!

1 05 2009
cantika_indo

ya iyalah cewek2 Indo milih cina dari pada orang Malay….
orang dia mana ada yang ganteng n cantik… jelek bejat pulaa……
munafik……

Artistainer : jangan gitu dong…. kamu khan ngomongnya emang bener mereka itu jelek (ketawa mode ON)

27 04 2009
indo_galz

gue jijik banget en ga setuju kalo manohara nikah ama sipangeran fuck_ry yg jelek itu,manohara cocoknya married ama prince william…,so buat si fuck-Ry,tidak semua perempuan indonesia bisa dibeli,kita punya harga diri yg tinggi,jangan sok hebat dengan kekayaanmu yg hanya sementara di dunia,tau gak dimalaysia banyak agen2 tukang culik anak2 perempuan buat di perkosa lalu di bunuh seperti kasus nurin dan lain2 sampai sekarang gak tau siapa pelakunya,padahal FBI uda sampe turun tangan lho,kita salut ma police negara kita indonesia,kasus pembunuhan dalam waktu singkat langsung ketahuan siapa pelakunya.

Artistainer : Indonesia is still the best (morale) than Malaysia. So….. when we will…. ??

27 04 2009
indo_galz

gue mantan tki kerja di kilang,kalo gue tau dari awal melki2 disana pada merendahkan negara kita gue kagak bakal nginjak negara mereka,kan mereka yg butuh pekerja indonesia,kenapa malah mereka rendahkan,bukannya berterima kasih,gue tau banget sifat2 melki disana walau gak semua tapi rata2 mereka sangat merendahkan harga diri bangsa indonesia,kita jadi sangat membenci mereka,sampai artis2nya kayak awie yg menyampah tu menghina artis2 kita di infotainment sana,tp aku puas karena aku sempat menghina balik awek kelantan yg sok jadi supervisor(padahal leader)katanya indon tak tau diri udah numpang kerja di negara mereka,kitakan bayar permit kerja tiap bulan dipotong gaji,apanya yg numpang???kalo numpang tak bayar apa2,siapa tak sakit hati dengan mereka,malay menyampah!padahal nenekku juga orang pineng malaysia,walaupun aku keturunan sana juga tapi aku tetap jijik sama melki2 disana (semuanya udah tertanam dalam diri dan gak akan bisa hilang tuk selamanya)

Artistainer : terima kasih atas keluhan anda tentang martabat bangsa kita di Malaysia. Ada yang lainnya ?

1 05 2009
cantika_indo

yaa jelas artis dia kagak laku di Indonesia makanya Si Awie tu menghina-hina artis kita…. kalah saing gityu…… hahhahahhahaaa……… secara kan lagu2 kita TOP BGT di negara kita sedangkan dia lagu2 Indonesia pun di dengar…….
lagu Malaysia meleleh n ngantuk di dengar walau pun dah berusaha ngilangin citra meleleh dengan mengganti aliran musik rock tetap aja meleleh n gak pantas kita dengar…. bis na kampungan siiihhhh……….
gak malu apa… artis2 malaysia>>>>
loe tenang aja… dia kira orang kita Indonesia aja yang nompang di sana… orang Malaysia di sini banyaakk…. hati-hati ya gw siksa ntar orang2 Malay yang ada di Indonesia
memalukan banget ya orang Malaysia tuuu…….hahhahaahhahahahaaahahhahaa………
kampungan.

Artistainer : lagu Malaysia emang monoton gitu-gitu aja, kayak gak ada aliran musik yang lainnya. Tak ada yang creative sama sekali, apalagi filmnya waks cuh… kalaupun Malaysia bisa berkembang itu karena expertiser dari luar Malaysia

27 04 2009
indo_galz

buat malay2 yg lain yg lagi baca di blog ini,berhati2lah kalau mau menyakiti org2 indonesia disana,media cetak dan elektronik disini akan langsung mengexpose kebejatan kalian biar semua pada tau,dan tindakan kalian yg sudah sangat keterlaluan merendahkan bangsa indonesia suatu saat bisa menjadi perang!

1 05 2009
cantika_indo

weeewwww…………..
raja di negerimu bukan berarti kamu raja di negeriku.

mang iya…..
orang Malay tu merendahkan kita bangsa Indonesia….
apa sih maunya…. ngajak perang ya???
gw gak suka banget tu ma malaysia…. gak ada yang bagus pun di sana….
kemerdekaan pun gak hasil sendiri.pake acara bangga2 pulak…
sirik banget gityuu ma Indonesia nee……..
dasar kampungan yaaaaaaaaaa………
balikin dong manohara…
gak ada wanita cantik apa di Malaysia tu makanya gaet cewek2 Indonesia yang cantik2………

1 05 2009
farah idayu

@cantik_iindo!
jangan menghina negara Malaysia!kalau tak bagus kenapa ramai
TKI berpusu2 datang ka Malaysia,mencai rezeki ada yang masuk secara putih dan secara gelap!aneh negara yang kecil menjadi payong kepada negara negara yang AGUNG!Lu,,,,mungkin orang kaya !punyai LAPTOP!tapi lu bukan manusia yang perihatin untuk memperjuangkan nasib 3 juta orang TKI di Malaysia!Lu cuma membela nasib seorang saja MANOHARA! itu pun kerana dia cantik!!!!MUNGKIN LU JELOURS! SAMA MANO!!!HIDUP NYA SENANG PUNYAI MOBIL FERRARI!APA LU PIKIR DIA NAIK BECA!!DIA PUN ENGAK MAU PULANG DONG!DIA PUN DAPAT MENILAI YANG MANA KACA DAN YANG MANA BERLIAN.

Artistainer : Semuanya diharapkan untuk peduli dengan semua warga Indonesia termasuk Manohara yang sekarang berada diluar negeri termasuk Malaysia. Tunjukkan solidaritas untuk Indonesia walaupun hanya sebatas peduli saja akan tetapi akan lebih baik jika bisa menyumbangkan sesuatu berupa tindakan apapun (aksi) dan negara sebagai pemegang kuncinya yang akan menentukan sikap selanjutnya untuk penyelesaiannya. Farah Idayu ini memang dari Malaysia dan thanks a lot udah peduli dengan 3 juta sodara kami di sana. Pertanyaan untuk Farah: kamu yakin dihadapan Allah, Mano hidupnya bahagia ? kami tidak tahu isi hatinya Mano bahagia atau tidak, itu yg ingin kita pastikan bukan dengan melihat dari luarnya saja. TKI itu muncul karena di Indonesia kekurangan lapangan pekerjaan dibandingkan dengan total jumlah penduduknya, selain itu juga karena mereka tidak memiliki skill tinggi (kompetisi dalam hal karier)

2 05 2009
farah idayu

@Artistainer;maaf mungkin aku agak kurang sopan dengan mengunakan bahasa yang agak kasar!ya! AKU MEMANG WARGA MALAYSIA,kelahiran,Pakalungan ,Jawa Tengah,udah 45 tahun aku di sini,
semasa papa ku berhijrah ke MALAYSIA umur ku sekitar 5 tahun di atas desakan hidup di sana,dengan bantuan pemerentah MALAYSIA segala pembiaan persekolahan hingga lah tamat UNEVERSITI,semua nya di tanggung oleh PEMERENTAH termasuk 3 orang saudara ku,demi ALLAH sebagai saudara serumpun pemerentah MALAYSIA di BAWAH perdana menteri
Datuk Seri Najib yang berketurunan BUGIS,TAK BERNIAT UNTUK MEHINJAK
HINJAK raayat INDONESIA,hukum di MALAYSIA tidak megira PANGKAT,YANG KAYA ATAU YANG MISKIN yang bersalah tetap AKAN MENERIMA hukuman,
manusia tak semu nya sempurna kecuali ALLAH,KEHIDUPAN MANOHARA
tidak lah saperti yang di gembar gembur oleh IBU nya DAISY ,mungkin kebebasan nya ada batas kena mengikuti PROTOKOL sebagai isteri seorang PANGERAN,mungkin MANO belum dapat menyesuai kan diri lagi kerana ia maseh muda an sifat anak anak belum habis lagi,MANO sering mengikuti suami nya pergi ke acara2 rasmi,saperti acara perkahwinan,berjumpa dengan masyarakat,menonton sepak bola dan bermacam2 lagi ia bebas bergerak
ika benar MANO di seksa sudah lama ia lari meningalkan suami nya,mana mungkin KEDUTAAN INDONESIA DI MALAYSIA BERDIAM DIRI sekira nya raayat INDONESIA DI SEKSA! di harap saudara dapat berfikir dengan seadil nya,Saudara boleh menghubungi KEDUTAAN INDONESIA DI MALAYSIA UNTUK MENDAPAT MAKLUMAT YANG LEBIH JELAS MENGENAI MANO!!!!
ATAU PUN SUDI2 LAH DATANG KE MALAYSIA!!!BIAYA NYA BISA DI ATUR!!
DI TANGGUNG BERES!!!KIRA NYA PAHA KIRI DI CUBIT PAHA KANAN PASTI TERASA SAKIT NYA!!FIKIR FIKIR KANLAH.
any additional coment you may have would be welcome,
PLEASE KEEP IN TOUCH,
AGAIN, THANKS, MAY GOD BLESS YOU
BEST REGARD
JAWAASLI

Artistainer : Anda tahu kehidupan seks mereka berdua seperti apa ? tidak tau khan ? apa cukup dengan hanya memperlihatkan foto/video seperti melihat sepak bola, belajar setir mobil, dll. Jika anda disiksa oleh pasangan anda dan batin anda juga tersiksa, darimana orang lain bisa tau jika hanya menampilkan foto-foto anda dengan pasangan anda ? Orang lain baru akan tau ada kekerasan dalam rumah tangga anda setelah anda mati tergeletak di kamar karena dibunuh oleh suami anda.

Hukum yang dianut pemerintah Malaysia memang seperti yg anda sebutkan (pasti yg baik-baik, namanya aja peraturan). Bagaimana dengan realita perlakuan warga Malaysia terhadap Indonesia ? Yang ingin di bahas bersama itu adalah realita kehidupan, bukan hal-hal seperti peraturan-peraturan hukum yang tertulis.

2 05 2009
farah idayu

@Artistainer;
kamu bisa berhubung terus dengan Perdana Menteri Datuk Seri Najib,di laman WEB,PERDANA MENTERI MALAYSIA,atau melalui E MAIL;ppm@ppm.gov.my atau melalui telepon 6038888000 atau fax;6038883444
PERDANA MENTERI MALAYSIA adalah seorang yang bersikap terbuka dengan selogan nya RAAYAT DI DAHULUKAN,ia memberi peluang kepada seluruh masyarakat,untuk memberi pandangan,membuat komen,aduan,atau pun apa2 maasalah yang di hadapi raayat dengan cara ini ia nya dapat memperbaiki kelemahan dan kesilapan yang di lakukan oleh insan yang di namakan manusia
AGAIN,THANKS
ALWAYS
JAWAASLI

Artistainer : Tapi hukum Malaysia tidak bisa menembus kerabat kerajaan-kerajaan di Malaysia

7 05 2009
Honi

Di muat di Harian Jawa Pos

Harapan Baru yang Diamanahkan Kamis Lalu
Oleh Karim Raslan *

Saya seorang penulis Malaysia. Sepuluh tahun lalu, saat saya berkunjung ke Indonesia, hati saya menangis. Waktu itu Indonesia sedang gonjang-ganjing, dilalui masa yang sangat kritis. Orang-orang ketakutan dan kelaparan. Krisis ekonomi dan politik membuat republik ini seperti bangsa yang tak berdaya, bangsa yang gagal, apalagi kalau dibandingkan dengan tetangganya, Malaysia dan Singapura, yang lebih stabil dan makmur.

Namun, seiring dengan perjalanan saya keliling Indonesia meliput proses Pemilu 2009, saya mulai menyadari bahwa negara ini sedang berangsur-angsur pulih. Ironisnya, negara seperti Thailand dan Malaysia justru sedang kewalahan terkena imbas krisis keuangan global dan ketegangan politik dalam negeri. Dibanding mereka, Indonesia tampak adem ayem.

Suka atau tidak, perubahan ini sebagian besar karena pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono yang stabil dan kadang terlalu berhati-hati. Kepercayaan rakyat pada kepemimpinan beliau tampak dari pemilu legislatif Kamis (9/4) lalu. Sebab, bagaimanapun, kemenangan legislatif adalah miliknya, dan bukan Partai Demokrat. Rakyat memilih Bapak Presiden, bukan si bintang biru.

——————————————————————————–

Saya mulai mendapat gambaran mengenai besarnya dukungan terhadap SBY sejak sebelum pemilu berlangsung. Yaitu, waktu saya berbincang-bincang dengan sekelompok orang di posko Golkar di Makassar, kampung halaman Pak Jusuf Kalla. Ternyata, banyak dari mereka yang akan memilih Partai Demokrat.

Kemudian di Gianyar, Bali, saya bertemu para petani yang mengatakan bahwa mereka tidak akan mencoblos PDIP, walaupun di situ adalah basis massa PDIP. Mereka mau memilih Pak SBY. Tentu saja PDIP dan Golkar masih terang sinarnya di beberapa bagian Indonesia yang lain. Di Purwokerto dan Wonogiri, Jawa Tengah, saya bertemu pengikut setia partai-partai tersebut. Salah satunya bahkan menunjukkan kartu anggota PNI-nya mulai 60-an yang sudah tampak pudar.

Hal serupa saya temui di Pariamanan, Sumatera Barat dan juga di Riau; para petani minyak kelapa sawit di Program Inti Rakyat, sekitar dua jam dari Pekanbaru, jelas-jelas mengaku mereka 100 persen Golkar.

Meski begitu, dalam perjalanan saya, saya juga menemui banyak petani, pedagang kaki lima, dan tukang ojek dari Sumenep, Bandung, dan Medan yang bilang mereka tidak peduli siapa yang bakal menjadi RI 1. Ya, mereka menghargai adanya program BLT (bantuan langsung tunai). Tapi, buat mereka, pemilihan kepala daerah -wali kota atau bupati- jauh lebih penting. Seorang tukang becak di Probolinggo, Jawa Timur berujar, “Jikalau ada bupati yang bagus kinerjanya, kami sebagai wong cilik bisa benar-benar menerima manfaat. Pak Presiden terlalu jauh…”

Walaupun ada banyak kelemahan, memang, program desentralisasi menuai sukses. Kota-kota seperti Surabaya, Makassar, dan Jogjakarta (semua kota yang saya kunjungi dan saya temui wali kota atau wakilnya) menjadi bukti pembaruan wilayah urban (perkotaan).

Di Surabaya, saya melihat tepi jalan ditanami bunga; padahal beberapa tahun sebelumnya, pinggir jalan itu hanya diisi preman atau pengamen yang cukup berani atau nekat untuk menguasai daerah tersebut.

Banyak pegawai negeri sipil (PNS) dan terutama guru menjadi pendukung pro-SBY paling setia, sedikit banyak karena kenaikan gaji cukup besar yang mereka terima.

Di Purbalingga, Jawa Tengah, saya bertemu seorang ibu guru SD di tengah daerah abangan (PDIP) yang bersumpah akan terus mendukung SBY. “Saya penggemar berat, lho!” serunya dengan antusias, “Beliau membuat saya bersemangat untuk menyelesaikan kuliah S-2 paruh waktu saya.”

——————————————————————————–

Semangat keterbukaan dan niat baik yang saya temui di semua tempat yang saya kunjungi benar-benar mengagumkan. Orang-orang tampak toleran tentang perbedaan pandangan, gaya hidup, dan filosofi politik. Sebagian besar partai juga semakin mendekatkan diri ke level tengah. Di Solo, saya bertemu seorang anggota “Sahabat Hidayat” yang mengatakan bahwa misinya adalah memperluas daya tarik kandidatnya, Pak Hidayat Nurwahid, ke luar basis utama partainya, PKS.

Namun, ekonomi tetap menjadi kekhawatiran utama bagi rakyat Indonesia yang memikirkan pekerjaan mereka, juga harga minyak dan makanan. Banyak dari mereka yang menerima BLT juga mendukung SBY, walaupun taraf hidup mereka mungkin hanya meningkat sedikit sekali sejak SBY naik pada 2004.

Para ahli dan pengamat mengatakan bahwa semua politik itu lokal sifatnya; dan ya, saya melihat adanya keragaman yang terus berubah setelah saya menjelajahi kepulauan Indonesia yang luas ini, di mana budaya dan permasalahan berbeda dari kabupaten ke kabupaten, dari kota ke kota.

Tetap saja, salah satu hal terpenting yang diinginkan semua orang adalah kepemimpinan yang jujur dan berprinsip -seorang pria atau perempuan yang tidak korup- dan membuat rakyatnya bangga menjadi orang Indonesia. Kerelaan SBY untuk tidak membiarkan besannya luput dari penjara telah memenangkan kepercayaan yang sangat besar dari rakyat Indonesia.

Hanya waktu yang menentukan apakah Partai Demokrat dan Pak SBY akan menjawab harapan Indonesia. Indonesia di bawah SBY, terutama setelah Konferensi G-20 di London, telah merebut kembali posisinya sebagai salah satu bangsa utama di dunia.

Indonesia telah kembali!

*. Karim Raslan, kolumnis asal Malaysia sedang melakukan perjalanan jurnalistik di Indonesia

Artistainer : Tapi Indonesia masih belum puas untuk terus lebih maju lagi daripada saat ini yang telah dicapai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: