Sidang Marcella diulur-ulur agar tetap jalani tahanan

15 05 2009

Dua kali lho, sidang Marcella Zalianty mengalami pengunduran lagi atau ditunda karena Jaksa Penuntut Umum belum siap dan Marcella harus menelan rasa kekecewaan dan harus menjalani masa penahanan lagi di dalam penjara.

Menurut kuasa hukum Marcella, Hotman Paris Hutapea hal ini sudah termasuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) karena sidang diundur lagi dan kliennya harus menjalani sel tahanan lagi. Padahal seharusnya klien sudah bisa dibebaskan secara hukum karena klien tidak bersalah berdasarkan hukum yang berlaku.

Dugaan dari kuasa hukum Marcella mengatakan peristiwa ini bisa jadi merupakan taktik agar kliennya tetap menjalani masa penahanan.

Kita sebagai tim kuasa hukum sangat kecewa, padahal untuk mengambil keputusan dengan adanya bukti dan saksi di persidangan itu hak yang mudah. Jadi menurut kami ini terlalu dipolitisir karena sudah dua kali ditunda. Dan dia sudah enam bulan ditahanan. Saya menghimbau lagi supaya penegakan hukum diefisienkan. Karena meski posisi Marcella sudah kuat tapi dia sudah teraniaya di dalam tahanan,” ungkap Hotman yang ditemui di PN Jakarta Pusat, Kamis (14/5).

Kuasa hukum Marcella, Firman Wijaya mengatakan Jaksa Penuntut Umum telah melakukan pelanggaran HAM terhadap kliennya.

Kami merasa sebagai penasehat hukum dipojokkan oleh masalah waktu. Jadi alasan yang dibuat oleh jaksa penuntut umum menurut kami bukan alasan yuridis. Ini sebagai bentuk pelanggaran HAM oleh jaksa. Karena penahanan itu kaitannya dengan pemeriksaan. Sekarang dalam tahap seperti ini tapi masih diulur-ulur juga, kalau hari Senin itu nggak bisa, maka Marcella harus dibebaskan mau nggak mau,” terang Firman

Dan tim pengacara Agung Setiawan menjadi sasaran tentang adanya taktik-taktik seperti penundaan sidang ini.

Ini adalah taktik dari tim pengacara Agung (Setiawan), supaya terus mengulur persidangan. Marcella harusnya udah bebas dari kemarin-kemarin,” tambah Hotman Paris Hutapea.

Dan komentar Marcella sendiri tentang dua kali penundaan sidangnya.

Ini ujian buat saya. Semoga penundaan ini menuju putusan yang baik. Ya kita harus tetap sabar. Saya sepenuhnya menyerahkan kepada pihak kejaksaan,” ujar Marcella yang ditemui di PN Jakarta Pusat, Kamis (14/5).

Tapi emang tumben juga sih tim pengacara Agung Setiawan sudah tidak pernah lagi berkoar-koar, kemungkinan hal ini dikarenakan sudah ketahuan kedoknya atau akan menemui kekalahan. Tim kuasa hukum Agung tidak sebanding ketika pertama kali kasus ini muncul.

Iklan

Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: