Tentang royalti karya-karya cipta mbah Surip

26 08 2009

mbah_surip_150_1[1]Mbah Surip merupakan orang yang bersangkutan atau orang yang berhak menerima royalti dari karya-karyanya yang pernah Mbah Surip ciptakan. Namun karena Mbah Surip sudah meninggal dunia jumlah royalti yang seharusnya diterima oleh Mbah Surip menjadi bermunculan dalam banyak versi. Ada kabar yang mengatakan Mbah surip mendapat milyaran rupiah dari royaltinya dan ada pula yang mengatakan Mbah Surip mendapatkan ratusan juta rupiah saja. Kabar yang simpang siur ini menyebabkan kebingungan orang yang ingin terus mengikuti kabar tentang Mbah Surip dan juga keluarganya Mbah Surip juga ikut merasakan juga imbasnya.

Mengenai royaltinya mbah Surip, pihak keluarga untuk saat ini sudah menerima royalti sebesar Rp. 112juta untuk lagunya Mbah Surip yang berjudul “Tak Gendong” dari RBT (Ring Back Tone).

Menurut penuturan penjelasan dari Adit, selaku pihak yang mengurus RBT dari Valcom, mbah Surip mendapatkan 7 % dari seluruh pendapatan yang diperoleh dari operator seluler.

Kita membeli master dari Mbah Surip bersifat beli putus, Mbah Surip bukan mendapat bonus tapi hasil royalti dan itu jumlahnya Rp112 juta, dan itu sudah diakumulir dari seluruh operator,” terang Adit saat ditemui di Kantornya, Jl. Duren Tiga, Jakarta Selatan, Kamis (20/8).

Pihak luar yang tidak mengetahui tidak paham dalam penghitungan royaltinya Mbah Surip menyebabkan terjadinya kekeliruan dalam penghitungan seperti yang selama ini dipublikasikan.

Yang didapat Mbah Surip itu 7% dari seluruh pendapatan, karena dibagi tiga, Mbah Surip, operator dan produser. Dan setiap operator persentasenya berbeda-beda,” tegasnya.

Total penghitungan royalti tersebut dimulai dari bulan Mei hingga pertengahan Juni, sedangkan bulan berikutnya  belum masuk dalam penghitungan. Selain itu royalti yang diberikan itu hanya untuk satu lagunya Mbah Surip yaitu “Tak Gendong”.

Pihak Valcom sudah mengadakan pertemuan dengan keluarganya Mbah Surip untuk memusyawarahkan royalti yang diterima oleh ahli warisnya Mbah Surip pada tanggal 18-8-2009.

Tiga hari lalu kita sudah ketemuan, di situ ada keluarga dari Mbah Surip dan ahli warisnya si Farid, dan dari pihak Valcom, saya sendiri dan pengacara. Di situ kita perlihatkan hasil seluruh penghasilan operator, dan kita kasih hard copy berupa lampiran-lampiran,” terang Adit.

Sedangkan kabar berita mengenai royalti Mbah Surip hingga Rp. 1 Milyar mungkin saja hal itu diterima oleh Mbah Surip karena royalti yang saat ini hanya dari satu lagu dan baru beberapa bulan saja.

Bisa jadi (sampai miliaran, red), apalagi kita belum tahu hasil dari akhir Juni sampai sekarang, apalagi ketika Mbah Surip meninggal itu (permintaan) sangat tinggi, dan itu belum dihitung dengan lagu Bangun Tidur,” pungkasnya.

Sedangkan dari pihak keluarganya Mbah Surip awalnya merasa terganggu dengan pemberitaan yang katanya royalti mbah Surip hingga milyaran rupiah.

Ada kecewa awal-awal, tapi setelah ada musyawarah sama keluarga kami kembali lagi itu kalau rezeki Mbah segitu, ya nggak papa kami terima. Ya kalau memang nggak rezeki nggak papa. Pokoknya kalau rezeki alhamdulillah dan kami tidak mempermasalahkan,” demikian ungkap Farid, pria yang selama ini berperan sebagai manajer Mbah Surip.

Anaknya mbah Surip, Farid yang juga menjadi menager ayahnya itu mengatakan akan lebih bagus jika semuanya atas ijin dari pihak keluarga sebagai ahli warisnya. Dan Farid akan mengklarifikasi tentang hal ini secara hukum akan tetapi tidak akan menggunakan haknya untuk menuntut dan lebih mengutamakan musyawarah karena  pihaknya males untuk masuk ke ranah hukum.

Kalau bisa dibicarakan atau musyawarah lebih bagus jadi kita bisa sharing bagaimana tetap seizin keluarga Mbah Surip,” tambah Farid.

Jadi royalti yang diterima yaitu Rp. 112 juta dipotong pajak 15% menjadi sekitar Rp. 120 juta dan masih bisa bertambah royaltinya karena lagu yang lain dan bulan berikutnya masih sedang proses berjalan.

Kabar tentang royaltinya Mbah Surip yang katanya milyaran itu sebenernya sudah mencuat ketika Mbah Surip belum meninggal dunia. Saat itu Mbah Surip pernah ditanya mengenai royaltinya yang milyaran akan dipakai untuk apa, Mbah Surip menjawab pengen beli helikopter. Serius dibelikan helikopter atau tidak, tidak ada yang tahu pastinya. Ha ha ha i love you puuulll hahaha….


Aksi

Information

One response

27 08 2009
cahpamulang

Ya sukurlah kalau para pihak dapat arif menyikapi hal itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: