Nadine Chandrawinata : kita harus kenali budaya kita

28 08 2009

Malaysia yang mengaku negara berbudaya timur ternyata sering melakukan tindakan-tindakan yang tidak semestinya sebagai negara yang baik di mata dunia dengan melakukan tindakan tercela yaitu mencuri budaya negara Indonesia, menganiaya orang Indonesia, mengakui pulau-pulau milik Indonesia dan perilaku tak terpuji lainnya.

Mengetahui tindakan tidak terpuji yang dilakukan Malaysia mengenai pencurian budaya Indonesia juga dirasakan oleh mantan Putri Indonesia, Nadine Chandrawinata sebagai suatu hal yang sangat disayangkan  kenapa harus hal seperti itu terjadi.

Yang kita sayangkan, kenapa harus hal seperti itu. Kita harus mempertahankannya. Salah satu caranya kita harus kenal dengan budaya kita,” kata Nadine saat ditemui di Studio Cawang selepas syuting acara SBY, Kamis (27/08) kemarin.

Nadine menganjurkan kepada masyarakat agar memperkenalkan budaya sejak kecil untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap Indonesia.

Sebagai warga negara yang baik, harusnya kebudayaan itu harus diperkenalkan sejak kecil. Dari situ pasti akan tumbuh rasa cinta terhadap Indonesia,” lanjutnya.

Selain itu pula Nadine mengharapkan kepada pemerintah dan rakyat untuk peduli dengan budayanya sendiri karena dengan tidak ada pedulinya terhadap budaya sendiri membuat negara lain dengan mudah mengklaim kebudayaan Indonesia.

Namun perilaku negara Malaysia tidak hanya mengklaim budaya saja akan tetapi juga mengklaim pulau-pulau Indonesia dan ada pula pulau yang dijual.

Ternyata bukan budaya saja, pulaunya pun banyak yang dijual. Hal itu membuat kita ngerasa dibohongin,” ucapnya miris. “Seharusnya pemerintah bisa mematenkan kebudayaan. Nggak tahu kenapa budaya kita yang dipatenkan ke UNESCO masih sedikit.”

Masyarakat Indonesia sudah tidak merasa peduli dengan budayanya sendiri karena salah satu penyebabnya dikarenakan Indonesia sangat terbuka sekali menerima budaya asing. Akan menyikapi budaya Indonesia yang masih kuat melekat didaerah aslinya, Malaysia masih saja mengklaim sebagai budayanya. Misalkan Tari Pendet yang masih kental hingga sekarang sebagai budayanya asli Bali.

Indonesia sangat terbuka dengan budaya asing, namun di daerah itu masih kuat budayanya, belum terkontaminasi oleh budaya asing. Ya, pokoknya Malaysia itu nggak seharusnya melakukan hal seperti itu,” pungkasnya.

Anjuran Nadine Chandrawinata ini harus segera diimplementasikan untuk mencegah kejadian tidak diinginkan bersama. Tidak hanya pemerintah saja yang harus melakukannya akan tetapi semua lapisan masyarakat termasuk ANDA.

Berikut ini transkrip pidatonya Bapak Presiden SBY

Setelah membaca transkrip itu perlu ditegaskan lagi bahwa semua rakyat Indonesia harus ikut berpartisipasi melestarikan budaya Indonesia.

Jika anda suka atau bergerak dibidang internet yang bisa kita lakukan adalah

Jadilah blogger yang selalu mencatat yang detail tentang makanan, budaya, karya dengan menyebutkan daerah asal dan negara Indonesia.

Dengan begitu kita sudah ikut berpartisipasi melestarikan budaya kita sendiri dengan cara kita sendiri. Mari kita penuhi blog-blog kita dengan budaya-budaya di seluruh nusantara.

Dan pemerintah harus ikut aktif juga dengan gerakan-gerakan dari masyarakat bawah seperti kita ini.

Jangan hanya menyalahkan pemerintah, tapi kita juga harus ikut partisipasi!!!


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: