Primus dukung batik saat resmi diakui oleh dunia

29 09 2009

Pada tanggal 2 Oktober 2009 mendatang, Batik akan resmi diakui menjadi milik Indonesia oleh dunia melalui salah satu badan PBB yang bergerak dibidang kebudayaan dan pendidikan yaitu UNESCO.

Kabar tentang hal ini juga sudah disampaikan langsung oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada masyarakat Indonesia. Dalam pidatonya itu SBY juga menganjurkan kepada warga Indonesia untuk mengenakan batik pada tanggal pengakuan dunia tersebut.

Primus Yustio ternyata juga sudah mendengar tentang anjuran dari presiden tentang kabar gembira bagi bangsa Indonesia ini dan dirinya mendukung untuk melakukan seperti anjuran dari presiden.

Pada 2 Oktober mendatang, PBB akan menyatakan batik dari Indonesia. Bagi yang mempunyai batik, saya harap kenakan pakaian tersebut,” ujar Primus.

Pengakuan dunia tentang batik ini menjadi moment yang membanggakan bagi Indonesia karena batik merupakan hasil karya anak bangsa Indonesia yang patut dihargai dan dihormati.

Primus juga akan memakai baju batik di setiap acara yang dihadirinya. Tak dirinya yang akan memakai baju batik akan tetapi Primus juga akan mengajak keluarganya untuk mengenakan baju batik.

Sebisa mungkin saya akan pakai batik di acara apa saja. Tak hanya saya, keluarga juga saya ajak kenakan batik,” lanjut rakyat dari PAN periode 2009-2014 ini.

Batik sebelumnya telah diklaim oleh negara Malaysia sebagai miliknya padahal batik itu sebenarnya sudah ada sejak lama di Indonesia sebagai warisan budaya bangsa Indonesia sejak masih jaman kerajaan atau sejak Indonesia belum berdiri dan bukan warisan budayanya Malaysia. Kalaupun Malaysia memiliki corak batik sendiri sebaiknya jangan menggunakan kata batik apalagi mengklaim kreasi corak batik dari Indonesia.

Batik merupakan karya budaya Indonesia yang diakui oleh UNESCO yang ke-7 setelah 6 budaya Indonesia lainnya telah diakui sebagai milik Indonesia yaitu

  1. Komodo
  2. Hutan Tropis
  3. Sangiran (situs purbakala)
  4. candi Borobudur
  5. Candi Prambanan
  6. keris

Ini aja ? Budaya lainnya masih diteruskan/diproses khan ?


Aksi

Information

One response

30 09 2009
tas kertas

kita mmg harus bangga denga batik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: