Vicky Nitinegoro dan Jennifer Dunn ditangkap polisi ?

14 10 2009

Artis Vicky Nitinegoro ditangkap oleh pihak kepolisian pada hari Senin, 12 Oktober 2009 di tempat kostnya Kencana Vista Residence di Jalan Jeruk Purut, Jakarta karena tersangkut kasus narkoba. Vicky harus menjalani pemeriksaan untuk dimintai keterangan oleh pihak kepolisian hingga saat inipun Vicky belum boleh pulang, padahal kalau tidak terbukti dalam 1×24 jam, Vicky seharusnya sudah bebas. Sekarang dah lewat tapi masih ditahan.

Dalam penggerebekan tersebut, selain Vicky Nitinegoro juga ada artis lain yang ikut tersangkut dan terbukti menggunakan narkoba yaitu Jennifer Dunn.

Tanggal 12 (Oktober, red) pukul 23.00 di Jl. Jeruk Purut, yang mana itu merupakan kos-kosan dia,” demikian ungkap Kapolsek Kebon Jeruk, Kompol Hendra Gunawan, di kantornya.

Keterangan yang didapatkan dari Vicky akan dikembangkan  ke tahap selanjutnya.

Jenisnya masih kita kembangkan, jadi masih ada tahapan-tahapan lainnya, jenis narkobanya golongan dua,” tegas Hendra.

Dugaan adanya bandar besar menyebabkan Vicky ikut tersangkut dalam penggerebegan tersebut dan Vicky menjadi saksi dalam kasus ini.

Dia hanya di satu lingkungan yang sama dengan orang yang bersangkutan,” tegasnya.

Namun sampai saat ini Vicky masih belum diperbolehkan untuk pulang, sehingga dapat diduga bahwa status Vicky akan dijadikan sebagai tersangka.

Sampai saat ini Vicky sedang kita ajak jalan-jalan untuk mengembangkan kasus ini, jadi dalam kurun waktu 1×24 jam tidak ada perkembangan ya kita bebaskan,” pungkasnya.

Dari keterangan Kapolsek sudah sangat jelas sesuai dengan Undang-undang RI kalau tidak terbukti dalam 1×24 jam, Vicky sudah bisa bebas.

Namun pada kenyataannya berbeda dengan pernyataan Kapolsek dengan Humas Polda Metro Jaya, Chrysnanda yang mengatakan Vicky masih dibutuhkan oleh kepolisian dan hingga saat ini memang belum dipulangkan. Padahal Vicky juga sudah ditest urine dan hasilnya negatif atau Vicky bukan pengguna narkoba. Kalau Jennifer Dunn ditahan lebih dari 1 x 24 jam wajar saja karena terbukti sebagai pengguna narkoba setelah ditest urine.

Vicky dari hasil tes urin itu negatif, jadi statusnya masih saksi, dan kita masih mengumpulkan info, dan Vicky masih kita butuhkan sampai infonya sudah cukup,” terang Chrysnanda.

Karena Vicky sudah lebih dari 1 x 24 jam, Chrysnanda menanggapi pertanyaan mengenai penahanan Vicky dengan mengatakan bahwa yang berada di kantor polisi bukan berarti di tahan.

Orang yang berada di kantor polisi bukan berarti ditahan, bisa juga dimintai keterangan,” pungkasnya.

Dimintai keterangan kok terus-terusan dengan menyalahi prosedur yang berlaku, kecuali kalau berada dikantor polisi untuk mendapatkan perlindungan saksi atau korban, hal itu baru sesuai prosedur.

Kepolisian hanya diberikan waktu 1 x 24 jam untuk mendapatkan keterangan dari seorang saksi. Berdasarkan KUHAP apabila dalam waktu lebih dari 1 x 24 jam, tersangka tetap diperiksa dan tidak ada surat perintah untuk melakukan penahanan, maka tersangka berhak untuk segera dilepaskan.

Bener tidak analisa diatas ? Mari kita perbaiki negara ini dengan benar kalau analisa diatas keliru mohon dikoreksi dengan kebenaran pula.


Aksi

Information

One response

5 03 2010
jokerbook

Biar Kapok….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: